Sejarah

Kabupaten Poso merupakan kabupaten tertua dan terbesar yang berada di pulau Sulawesi  yang beribu kota Poso.Wilayahnya membentang dari arah Tenggara ke Barat Daya dan melebar dari arah Barat ke Timur dan sebagian besar berada di daratan pulau Sulawesi. Dilihat dari posisinya kabupaten Poso terletak di tengah – tengah pulau Sulawesi yang merupakan jalur strategis yang menghubungkan Sulawesi Utara, Gorontalo dan Sulawesi Selatan .

Dengan didukung  infrastruktur yang baik serta sarana transportasi seperti bandara udara dan pelabuhan laut domestik menjadikan Poso sebagai kota yang cukup vital diwilayah propinsi Sulawesi Tengah. Perekonomian di kabupaten Poso semakin menggeliat di tengah ketatnya persaingan di era otonomi daerah ini .

Pada sektor pariwisata kabupaten Poso memiliki berbagai jenis wisata alam yang sangat indah dan beragam, seperti wisata megalith, wisata bahari, wisata danau dan air terjun, wisata jelajah goa, wisata cagar alam dan taman konservasi, serta wisata budaya dan ziarah yang didukung dengan berbagai macam jenis kuliner  dan kerajinan cendera mata yang menarik.